Sabtu, Disember 29, 2007

Cegah "PEMANASAN GLOBAL"

Kekayaan alam dengan potensinya yang sangat besar merupakan suatu karunia dari Tuhan. Sungguh beraneka ragam kekayaan yang terkandung didal... thumbnail 1 summary
Kekayaan alam dengan potensinya yang sangat besar merupakan suatu karunia dari Tuhan. Sungguh beraneka ragam kekayaan yang terkandung didalam wilayah negeri ini. Ada hutan-hutan {yang kini sudah berkurang karena terus di tebang } atau hasil tambang minyak {yang semakin membongkar dan merusak perut bumi} dan hasil-hasil bumi lainnya.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan di abad ini, maka diciptakanlah teknologi-teknologi baru contohnya seperti mesin-mesin dari yang sederhana, dan dikembangkan sehingga menjadi mesin yang modern. Semua itu bisa terjadi karena manusia mempelajari ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan bukan cuma didalam bangku pendidikan namun juga diluar, didalam lingkup masyarakat atau umum.Dengan kemajuan teknologi itu, maka terjadilah suatu arus kehidupan dimana orang mencari keuntungan yang berlipat ganda; tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi.

Contoh kongkritnya adalah penebangan hutan. Entah penebangan itu untuk pemukiman penduduk atau pembuatan lahan-lahan pertanian atau sekedar penebangan untuk mengambil kayu-kayu tersebut, entahlah……

Namun yang jelas tanpa ada penanaman kembali atau reboisasi; maka akan ada dampak yang terjadi. Contohnya seperti bahaya banjir, tanah menjadi gersang, arus sungai melemah/mengecil, tanah longsor dll.Apa jadinya bumi yang kita huni bila tiada hutannya, sisa-sisa pengeboran yang nampak seperti gua yang lurus kedalam tanah? Atau Lumpur yang keluar dari dalam tanah karena kesalahan pengeboroan? Udara yang kita hirup terasa pekat karena polusi udara, dari asap kendaraan dan pabrik-pabrik? Bukankah semua itu akan membuat negeri kita menjadi kiamat karena akan mengalami masalah demi masalah yang semuanya itu terjadi karena kecerobohan manusia yang tidak punya hati.Jalan terbaik yang perlu kita lakukan saat ini adalah mengurangi dampak-dampak yang akan terjadi pada lingkungan.

 Terutama lingkungan yang kita tempati. Apabila kita tinggal diwilayah pegunungan maka kita perlu menjaga tanaman-tanaman atau pohon-pohon yang tumbuh disekitar lereng gunung. Bila kita yang tinggal dipinggiran sungai maka kita juga harus menjaga kelancaran arus sungai; kita tidak boleh membuang sampah ke sungai karena akan membuat banjir. Dengan demikian maka kita masih bisa terhindar dari beberapa malapetaka yang mungkin akan terjadi.

Tiada ulasan